Powered By Blogger

Our lifes

Our lifes
SEHAT ITU MAHAL

Rabu, 05 Februari 2020

Resep Jamu Kunyit Asam untuk nyeri haid (disminore)




Resep Jamu Kunyit Asam untuk nyeri haid kamu


Kunyit atau curcuma longa adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian menyebar mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia, bahkan Afrika. Manfaat rimpang kunyit yang didapatkan tubuh berasal dari kandungan kurkumin dan minyak atsirinya. Secara alamiah, kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan anti radang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai anti radang, antipiretik, dan penenang. Campuran kedua bahan alami ini telah terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunan bila dikombinasikan bersamaan. Campuran kedua bahan alami ini memiliki manfaat bermacam-macam, salah satunya yang akan kita bahas yaitu meredakan nyeri haid pada wanita.


Bahan

  • ·         3 rimpang kunyit ( cuci bersih, kupas kulitnya, parut)

  • ·         1 ons asam jawa

  • ·         1 ons gula jawa (sisir halus)

  • ·         2 sdm madu

  • ·         Garam (secukupnya)

  • ·         1 liter air



Cara Membuat


1.      Panaskan air hingga mendidih, masukkan kunyit parut, asam, gula jawa dan garam.

2.      Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan rebus hingga mendidih serta semua bahan larut dengan baik. Jika sudah, matikan api lalu angkat. Diamkan hingga hangat.

3.      Selanjutnya, saring minuman dan letakkan ke dalam gelas. Minum selagi hangat ketika pati rempah kunyit sudah mengendap ke dasar gelas.



Cara Pemakaian


Dengan minum minuman ini herbal ini secara teratur dua kali sehari saat haid, nyeri haid pun akan teratasi dengan baik. Dengan catatan, bahwa minuman ini diminum saat pati kunyit telah mengendap dibawah gelas. Karena beberapa penelitian menyebutkan jika pati pada rempah-rempah bisa mengendap di dalam usus atau organ dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.



Sumber : https//m.fimela.com/beauty-health/read/3752154/kunyit-asam-gula-jawa-minuman-herbal-pereda-nyeri-haid 
https://parenting.orami.co.id/magazine/manfaat-kunyit-dalam-melancarkan-haid/ 
https://womantalk.com/recipe/articles/resep-kunyit-asam-dari-suwe-ora-jamu-xq0vA


Kelompok

1.      Githa Hanifah Hanun

2.      Nurul Fitriyani

3.      Nur Mada Hayati

4.      Qurrota Aini Hanifah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Resume Konsep Dasar Pelayanan Kebidanan Komunitas  ================= Kebidanan komunitas merupakan gabungan dari beberapa istilah, ya...